Proses Review

Apliikasi kaji etik yang telah diterima oleh Sekretariat Komis Kaji Etik akan di review awal untuk kelengkapan secara administratif dan dimasukkan dalam form review awal.

Aplikasi yang secara administratif sudah memenuhi syarat kelengkapan akan dinillai secara singkat oleh Ketua Komis Kaji etik untuk dikelompokkan menjadi kategori: Exempted, atau Expedited, atau Fullboard. Penggolongan ini ditetapkan berdasarkan kriteria jenis penelitian yang diajukan. Proses ini diakhiri dengan penentuan reviewer untuk setiap aplikasi.

Sekretariat mengirimkan berkas-berkas aplikasi dan lembar penilaian kepada reviewer yang ditunjuk.

Proses review aplikasi kaji etik dilakukan secara tertutup, dalam arti baik pengusul maupun anggota reviewer tidak mendapatkan informasi tentang status dan hasil penilaian pengusul.

Secara keseluruhan, proses review terhadap pengusulan kaji etik akan memakan waktu sekitar dua minggu, dan maksimal selama 1 (satu) bulan, mulai dari aplikasi diterima oleh tim kaji etik sampai diterbitkannya surat keterangan lolos/tidak lolos kaji etik.

Surat hasil review aplikasi kaji etik akan dikirimkan kepada pengusul. Untuk aplikasi kaji etik yang diajukan oleh yang mana yang menjadi penanggung jawab dalam pengajuan kaji etik adalah Dosen Pembimbing, maka surat hasil review aplikasi kaji etik akan dikirimkan juga oleh sekretariat tim kaji etik ke e-mail dosen pembimbing.

Untuk aplikasi kaji etik yang dinyatakan tidak lolos kaji etik diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan berdasarkan catatan yang diberikan oleh reviewer. Hasil perbaikan harus dikirimkan kembali ke secretariat Komisi kaji etik paling lambat tiga (3) bulan sejak hasil penilaian diterbitkan. Apabila melewati batas waktu tersebut, pengaju kaji etik harus melalui proses review kaji etik dari awal.

× WhatsApp